Visi dan Misi

VISI DAN MISI PROVINSI BANTEN

 

Visi Pembangunan Pemerintahan Provinsi Banten Tahun 2017-2022 adalah :

“BANTEN YANG MAJU, MANDIRI, BERDAYA SAING, SEJAHTERA DAN BERAKHLAKUL KARIMAH”

 

Penjabaran makna dari visi banten di atas adalah sebagai berikut :

 

Provinsi Banten yang MAJU berarti adanya perubahan dan kondisi semula ke arah yang lebih baik. Cara-cara lama dalam mengelola pemerintahan ditinggalkan, selanjutnya cara baru dalam mengelola pemerintahan yang menerapkan prinsip-prinsip good governance.

 

Beberapa indikator indikator pengelolaan pemerintahan yang lebih maju adalah: adanya inovasi dalam tata kelola pemerintahan (lebih efisien, efektif,transparan, akuntabel disertai perbaikan hubungan kelembagaan dengankabupaten/kota), dan adanya perubahan mindset atau perubahan budaya lamayang tidak sesuai dengan tuntunan masyarakat.

 

Provinsi Banten yang MANDIRI mengacu pada kemampuan keuangandaerah untuk mendukung dan menjalankan pembangunan daerah. Suatu daerahdikatakan mandiri bila pendapatan asli daerahnya dalam APBD cukup dominan, sehingga tidak tergantung oleh bantuan atau subsidi pemerintahan pusat. Beberapa indikator mandiri disini menunjukan kemampuan fiskal yang cukup untuk merealisasikan berbagai program pemerintahan daerah.

 

Provinsi Banten yang BERDAYA SAING berarti kemampuan daerah mengelola dan mengembangkan segenap potensi yang dimiliki serta menghilangkan berbagai hambatan sehingga berhasil menjadi tujuan investasi dibandingkan dengan daerah lainnya.

 

Beberapa parameter berdaya saing ini, berupa kemudahan, fasilitas daya tarik investasi di provinsi banten seperti infrastruktur yang memadai, keamanan yang terjamin, pelayanan perijinan yang mudah dan berkepastian hukum, sumber daya manusia yang berkualitas, serta ketersediaan energi.

 

Provinsi Banten yang SEJAHTERA berarti kemampuan daerah dalam mengelolah aspek manusia yang diukur dengan pencapaian angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Beberapa parameter sejahtera, diukur dengan angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM), yang pencapaiannya melalui kontribusi tiga indikator utama yaitu pencapaian indikator pendidikan,

pencapaian indikator kesehatan, indikator daya beli masyarakat.

 

Provinsi Banten yang AKHLAKUL KARIMAH berarti harapan daerah dalam menekankan pada perilaku kehidupan masyarakat dan pemerintahan yang mencerminkan penerapan nilai-nilai agama, yaitu nilai-nilai yang sesuai dengan hakikat ketuhanan, keberadaan manusia berserta alam seisinya.

 

Beberapa parameter akhlakul karimah ini, tingkat kerukunan umat beragama pada masyarakat, implementasi terhadap rumusannya pada lingkungan aparatur pemerintahan daerah, dan lingkungan pendidikan dengan partisipasi tokoh masyarakat dan alim ulama di Provinsi Banten.

 

Misi adalah pernyataan tentang upaya yang harus dilakukan dalam usuhamewujudkan Visi. Misi juga akan memberikan arah sekaligus batasan proses pencapaian tujuan. Oleh karena itu, untuk mewujudkan Visi Provinsi Banten 2017-2022 tersebut akan ditempuh melalui lima misi pembangunan daerah sebagai berikut :

 

a. Menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance).

b. Membangun dan meningkatkan kualitas infrastuktur.

c. Meningkatkan akses dan pemerataan pelayanan pendidikan berkualitas.

d. Meningkatkan akses dan pemerataan kesehataan berkualitas.

e. Meningkatkan kualitas pertumbuhan dan pemerataan ekonomi.

Dari misi tersebut diatas, ada 1 (satu) misi yang terkait dan dilaksanakan oleh

Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Derah Provinsi Banten pada tahu 2017 –

2022, yaitu misi Menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik (good

governance).