Banten Internasional Stadium jadi Nama Stadion di Kawasan Spoert Center

Banten Internasional Stadium jadi Nama Stadion di Kawasan Spoert Center

SERANG - Pemprov Banten secara resmi menyematkan Banten Internasional Stadium untuk sebagai nama stadion sport center yang saat ini sedang dalam proses pembangunan. Nama tersebut diberikan lantaran dinilai memiliki aura besar dan mendunia.

“Sekarang kita namanya Banten Internasional Stadium, biar namanya lebih keluar,” ujarnya Gubernur Banten Wahidin Halim di Sekretariat DPRD Provinsi Banten, KP3B, Kecamatan Curug, Kota Serang, Kamis (2/9/2021).

Ia mengungkapkan, awalnya ada sejumlah pilihan dipertimbangkan untuk nama stadion sport center tersebut. Misalnya nama Sultan Ageng Tirtayasa, akan tetapi urung dilakukan karena nama itu sudah identik dengan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta). Pun demikian dengan nama Sultan Maulana Hasanudin yang sudah lekat dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Banten.

“Namain Tirtayasa kata orang yang Hasanudin (UIN Banten-red)  itu mah Untirta dan sebaliknya.  Kalau namanya nama kiai kalau penampilya berantem, masa nama kiai ada yang berantem, atau kencing sembarang kan (kurang pas),” katanya.  

Diungkapkannya, pembangunan stadion sendiri saat ini sedang dikebut dan akan tetap berlanjut hingga tahun depan. Menurutnya, pembiayaan yang loncat tahun diperkenankan karena status pembangunannya adalah multiyears atau tahun jamak.

“(Pembangunan) Stadion Banten terus berlanjut. Multiyears boleh,” ungkapnya.

Sebelumnya diketahui, Pemprov Banten membuka polling nama stadion yang sedang dibangun di Kawasan Sport Center, Kecamatan Curug, Kota Serang. Pemprov Banten telah menyiapkan 8 nama yang bisa dipilih. Nama-nama diambil dari julukan Banten hingga nama sultan. Berikut ini pilihan dan artinya.

– STADION GELORA JAWARA, diartikan stadion dengan semangat jagoan atau pendekar.

– STADION GELORA BANTEN JAWARA, diartikan stadion dengan semangat jagoan atau pendekar Banten.

– STADION GELORA BANTEN CEMERLANG, bisa disingkat GBC dan diartikan stadion dengan semangat masyarakat atau atlet Banten bersinar terang untuk berprestasi.

– STADION GELORA SYECH NAWAWI AL-BANTANI, diartikan stadion dengan gairah ulama dalam menerangi Banten dengan ilmu.

– STADION WH-ANDIKA, diartikan stadion yang dibangun dimasa kepemimpinan pak WH dan Andika yang semangat membangun.

– STADION SULTAN AGENG TIRTAYASA , diartikan stadion yang bisa mengangkat Banten menuju puncak kejayaan (sultan Banten ke-6 yang berhasil membawa kerajaan Banten menuju puncak kejayaannya).

– STADION SULTAN MAULANA HASANUDDIN, diartikan stadion pertama terbesar dan penuh prestasi di Banten (sultan pertama Banten/pendiri Kesultanan Banten).

– STADION ARIA WANGSAKARA, diartikan stadion dengan semangat perjuangan (tokoh ulama pejuang pendiri wilayah Tangerang).

Sekilas mengenai Stadion Banten, fasilitas tersebut disiapkan untuk menggelar event olahraga besar seperti Pekan Olahraga Nasional (PON) atau bahkan setingkat Asia. Untuk membangun stadion tersebut Pemprov Banten menggelontoran anggaran hampir mencapai Rp1 triliun. (K4)