19 Tahun, Banten Alami Banyak Kemajuan

Jumat, 04 Okt 2019 | 12:45 WIB - Berita
Rapat paripurna istimewa DPRD Banten peringatan HUT ke-19 Provinsi Banten di Sekretariat DPRD Provinsi Banten, KP3B, Kota Serang, Jumat (4/10).
dibaca normal 8 jam yang lalu

SERANG - Provinsi Banten genap berusia ke-19 tahun, hari ini, Jumat (4/10). Di usianya tersebut, Banten telah mengalami banyak perubahan dan kemajuan. Itu terlihat dari adanya peningkatan pelayanan di berbagai bidang.

Demikian terungkap dalam rapat paripurna istimewa DPRD Banten peringatan HUT ke-19 Provinsi Banten di Sekretariat DPRD Provinsi Banten, KP3B, Kota Serang, Jumat (4/10).

Gubernur Banten Wahidin Halim mengatakan, selama ini pihaknya terus melakukan upaya-upaya untuk membuat Banten lebih maju. Dengan hasil atau capaian yang telah diberikan sudah selayaknya mendapatkan apresiasi.

"19 tahun adalah usia produktif. Saya akan terus membangun Banten. Saya wakafkan diri saya untuk membangun Banten," ujarnya.

Mantan anggota DPR RI itu menuturkan, masukan dan kritik yang diterimanya selalu dijadikan motivasi untuk melakukan perbaikan. Penduduk Banten saat ini mencapai 13,6 juta dengan APBD senilai Rp12,7 triliun. Banten juga menempati urutan ketiga tingkat nasional untuk pendapatan daerah sebesar Rp7,6 triliun.

"Baru saja kami juga mendapatan penghargaan atas inovasi meningkatkan pendapatan daerah. Otonomi daerah bisa berjalan dengan baik jika minimal pendapatan daerahnya 40 persen (dari nilai APBD). Kita 60 persen, tingkat kemandiriannya tinggi," katanya.

Meski demikian, gubernur juga tak memungkiri masih ada pemerjaan rumah yang harus ditangani. Meski angka kemiskinan turun namun tingkat pengangguran di Banten masib menempati urutan kedua tertinggi setelah Jawa Barat.

"Tugas berat ke depan, untuk pengangguran kami sedang menjalankan konsep sistem link and match dengan 14.000 industri di Banten. Memang perlu pembinaan lebih lanjut untuk menghasilkan lulusan yang siap kerja," ungkapnya.

Ketua DPRD Provinsi Banten Andra Soni mengatakan, pembentukan Provinsi Banten merupakan hasil dari perjalanan panjang. Pembentukan Provinsi Banten dimaksudkan untuk memercepat pelayanan masyarakat. "Pembentukan Provinsi Banten juga dimaksudkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," tuturnya.

Dia berharap, dengan segala capaiannya saat ini Banten harus mampu menjadi provinsi yang mandiri. Mampu menjalankan visi dan misinya dengan baik. Andra juga mengajak kepada seluruh pihak untuk turut aktif dalam membangun Provinsi Banten.

"Ke depan harus mampu menjadi provinsi yang dapat meningkatkan kesejahterraan masyarakatnya. Diharapkan juga partisipasi aktif masyarakat sehingga dapat memercepat capaian di Provinsi Banten," ujarnya.

Reporter: K4
Sample Banner

Populer


Honorer Pemprov Banten Dapat THR
Analisis Jabatan Tentukan Tukin Seluruh PNS Pemprov Banten
2019, Simda BMD Terintegrasi Dengan SIMRAL
Pemprov Banten Segera Lelang Puluhan Kendaraan Dinas
Pemprov Banten Terapkan E-SP2D Online Berbasis Simral
Tukin Tarif Baru Mulai Diberlakukan
Top