2019, Simda BMD Terintegrasi Dengan SIMRAL

Rabu, 07 Feb 2018 | 18:49 WIB - Berita
BPKAD Banten saat menggelar rapat penerapan aplikasi SIMRAL.
dibaca normal 4 jam yang lalu

SERANG - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten menargetkan Sistem Informasi Manajemen Daerah (Simda) Barang Milik Daerah (BMD) sudah terintegrasi dengan Sistem Informasi Manajemen Perencanaan Penganggaran, dan Pelaporan (SIMRAL) pada 2019 mendatang. Diketahui, 2018 ini Provinsi Banten sudah mulai menerapkan aplikasi SIMRAL yang diciptakan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) tersebut.

"Simda BMD belum bisa diintegrasikan dengan SIMRAL, karena ini perlu proses. Tapi target kami untuk SIMRAL dengan Simda BMD ini bisa dilaksanakan, bisa berjalan di 2019," kata Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Banten, Nandy Mulya S, Rabu (7/2/2018)

Nandy menjelaskan, penerapan aplikasi SIMRAL tersebut merupakan bagian dari rencana aksi (renaksi) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Pertama kali yang menerapkan SIMRAL di Provinsi Banten adalah Tangsel. Tangsel bahkan sudah terintegrasi dengan pengelolaan BMD dan keuangan," kata mantan Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Banten ini.

Oleh karena itu, Banten sebagai provinsi pertama yang menerapkan aplikasi SIMRAL masih terus melakukan koordinasi dan meminta pendampingan dari BPPT dan sinergis dengan Kota Tangsel.

Dalam hal ini perlu ada kebersamaan. Karena memang BPPT ini baru memfasilitasi SIMRAL di kabupaten/kota. Provinsi itu baru Banten yang menerapkan. Dan tidak bisa sama antara penerapan di provinsi dengan kabupaten/kota. Makanya ada rencana kita mengundang BPPT, Kota Tangsel, dan KPK. Kita bangun soliditas dan keterpaduan," tukasnya.

Selain itu, Pemprov Banten juga akan membentuk Satuan Tugas (Satgas) SIMRAL yang akan ditetapkan dengan surat keputusan (SK).

"Kita sedang buat Satgas SIMRAL yang ditetapkan oleh SK. Nanti masing-masing (OPD) ada yang berhak punya username," ucapnya. (K2)

Reporter: K2
Sample Banner

Populer


Analisis Jabatan Tentukan Tukin Seluruh PNS Pemprov Banten
Pemprov Banten Segera Lelang Puluhan Kendaraan Dinas
2019, Simda BMD Terintegrasi Dengan SIMRAL
SKPD Diharapkan Melakukan Pelaksanaan Anggaran Dengan Tepat
Pemprov Banten Terapkan E-SP2D Online Berbasis Simral
Target Biaya Sekolah SMA/SMK Gratis, Pemprov Siapkan Bosda Rp 400 Miliar
Top