2020, Pemprov Banten Targetkan Per Ponpes Dapat Rp50 Juta

Selasa, 15 Okt 2019 | 08:44 WIB - Berita
Gubernur Banten, Wahidin Halim.
dibaca normal 1 hari yang lalu

SERANG – Pemprov Banten berencana menambah nilai bantuan dana pondok pesantren (ponpes) pada 2020 mendatang. Jika pada 2018 hanya Rp20 juta per ponpes, maka tahun depan ditargetkan menjadi Rp50 juta per ponpes.

Seperti diketahui, pada 2018 lalu terdapat 3.122 ponpes di delapan kabupaten/kota di Banten. Saat itu, total anggaran yang dialokasikan untuk bantuan tersebut mencapai Rp66,2 miliar. Pemprov menunjuk Forum silaturahmi Pondok Pesantren (FSPP) untuk mendistribusikan dan merumuskan peruntukan bantuan tersebut.

Gubernur Banten Wahidin Halim menuturkan, ponpes telah banyak memberikan kontribusi pada bangsa dan negara. Atas dasar itu pihaknya juga ingin memberikan kontribusi balik untuk ponpes dengan menggelontorkan bantuan dana ponpes.

“Dana ponpes memang sedang lagi dibahas, memang ada aturan-aturan yang perlu diselesaikan,” ujarnya di Masjid Raya Albatani, KP3B, Kecamatan Curug, Kota Serang, Senin (14/10).

Mantan Wakil Ketua Komisi II DPR RI itu menuturkan, untuk besarannya sendiri pihaknya berencana bisa mencapai Rp50 juta per ponpes. Angka tersebut dinilai cukup ideal untuk memotivasi ponpes agar lebih berdaya. “Kita targetkan (Rp50 juta per ponpes) tapi nanti kan ada proses pembahasan lebih dalam. Bisa jadi enggak Rp50 (juta) atau Rp50 (juta), masih pembahasan,” katanya.

Pengalokasikan bantaun dana ponpes, kata dia, perlu perjuangan lebih karena program tersebut terlambat dimasukan dalam sistem informasi manajeman perencanaan, penganggaran dan pelaporan (SIMRAL) untuk dianggarkan di APBD 2020. Meski demikian, pihaknya tetap akan memerjuangkannya,

“Kita lagi usahakan untuk konsultasi Kemendagri karena kemarin lambat memasukan ke SIMRAL-Nya. Kan input, itu sedang kita bahas,” ujarnya.

Kepala Biro Administrasi Pembangunan Provinsi Banten Mahdani mengatakan, saat ini pihaknya masih membaca peluang dana ponpes dimasukan di APBD Murni 2020. Pemprov juga sudah membenahi data ponpes di Banten yang kemungkinan besar ada perubahan dibanding data penerima awal.

“Sedang dipersiapkan, diusulkan di murni ini. (Jumlah penerima pakai) data baru. (Kemungkinan bisa dianggarkan) karena sudah berselang, tidak berturut-turut lagi,” katanya.

Reporter: K4
Sample Banner

Populer


Honorer Pemprov Banten Dapat THR
Analisis Jabatan Tentukan Tukin Seluruh PNS Pemprov Banten
2019, Simda BMD Terintegrasi Dengan SIMRAL
Tukin Tarif Baru Mulai Diberlakukan
Pemprov Banten Segera Lelang Puluhan Kendaraan Dinas
Pemprov Banten Terapkan E-SP2D Online Berbasis Simral
Top