Banten Lama Dikelola Pemkot Serang

Rabu, 09 Jan 2019 | 20:08 WIB - Berita
Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy memimpin rapat koordinasi (rakor) revitalisasi Banten Lama di Pendopo Gubernur Banten, KP3B, Kecamatan Curug, Kota Serang, Rabu (9/1/2018).
dibaca normal 2 hari yang lalu

SERANG – Pemprov Banten menyerahkan secara penuh pengelolaan Kawasan Keraton Kesultanan Banten atau Banten Lama setelah proses revitalisasi rampung dikerjakan. Sebab, sejak awal pemprov tak berniat untuk mengambil alih. Mereka hanya ingin membantu dari sisi membenahan infrastruktur.

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy mengatakan, rakor digelar untuk membuat kesepakatan antara Pemprov Banten dan Pemkot Serang. Salah satu poin penting yang disepakati adalah pengelolaan Banten Lama akan sepenuhnya diserahkan ke Pemkot Serang.

“Kita serahkan, nanti kita hibahkan aset yang sudah dibangun oleh pemprov. (Penyerahan dilakukan) setelah selesai dari proses pembangunan dari yang telah kita rencanakan,” ujar usai memimpin rapat koordinasi (rakor) revitalisasi Banten Lama di Pendopo Gubernur Banten, KP3B, Kecamatan Curug, Kota Serang, Rabu (9/1/2018).

Mantan anggota Komisi III DPR RI itu menjelaskan, penyerahan pengelolaan kepada Pemkot Serang adalah hal yang wajar. Pasalnya, sedari awal program revitalisasi Banten Lama hanya ditujukan untuk proses pembenahan.

“Sekaligus menegaskna kembali dari segi pengelolaan kita sudah statement. Pak Gubernur sudah statement bahwa pemprov ingin membantu Pemkot Serang untuk dapat mengembangkan potensi pariwisata religi. Kami tidak berharap Kota Serang menjadi kota yang statis. Minimal dengan dapat mengelola potensi pariwisata religi ini dapat membantu pendapatan (daerah) Kota Serang,” katanya.

Diakuinya, penyerahan tersebut disambut baik oleh Pemkot Serang yang ternyata memang ingin pengelolaan Banten Lama menjadi kewenangannya.

“Makannya tadi saya tanya dulu, saya pancing seperti apa pengelolaannya. Takutnya mengelola tidak sanggup nanti kita buat badan pengelola. Ternyata Kota Serang berharap itu menjadi salah satu yang dapat dikelola oleh Kota Serang. Memang rencana kami juga diserahkan ke Kota Serang pengelolaannya,” ungkapnya.

Walikota Serang Syafrudin mengatakan, pihaknya akan selalu mendukung kebijakan yang dikeluarkan oleh Pemprov Banten terkait Banten Lama. “Saya tanya dulu, provinsi mengharapkan PAD (pendapatan asli daerah) dari Banten Lama? Kalau tidak berharap PAD, saya kira lebih baik serahkan ke Pemkot Serang, kami yang mengelola. Akan tetapi kalau provinsi berharap PAD, provinsi yang harus mengelola ini,” tuturnya.

Reporter: K4
Sample Banner

Populer


Analisis Jabatan Tentukan Tukin Seluruh PNS Pemprov Banten
2019, Simda BMD Terintegrasi Dengan SIMRAL
Pemprov Banten Segera Lelang Puluhan Kendaraan Dinas
Pemprov Banten Terapkan E-SP2D Online Berbasis Simral
SKPD Diharapkan Melakukan Pelaksanaan Anggaran Dengan Tepat
Target Biaya Sekolah SMA/SMK Gratis, Pemprov Siapkan Bosda Rp 400 Miliar
Top