Baru Kota Tangsel yang Usulkan Pencairan Bantuan Keuangan

Rabu, 30 Mei 2018 | 08:26 WIB - Berita
Kepala BPKAD Banten, Nandy Mulya S
dibaca normal 3 hari yang lalu

SERANG - Hingga Jumat (25/8/2018), Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Banten baru menerima usulan pencairan bantuan keuangan 2018 dari Kota Tangerang Selatan. Sedangkan tujuh pemerintah daerah lainnya belum mengusulkan.

“Baru Kota Tangsel yang sudah masuk usulannya. Lainnya belum masuk,” kata Kepala BPKAD Banten, Nandy Mulya S, Senin (28/5/2018).

Nandy mengatakan, saat ini pencairan bantuan keuangan 2018 tinggal menunggu usulan dari pemerintah kabupaten/kota. Menurutnya, proses pencairan bantuan keuangan tersebut tidak membutuhkan waktu lama. Bahkan dalam satu hari sudah bisa dicairkan.

"Sebenarnya bolanya sekarang ada di  kabupaten/kota. Tinggal mengusulkan ke kita. Sebetulnya usulan pencairan kalau sudah lengkap dokumen-dokumen pendukungnya, kabupaten/kota berkirim surat ke sini. Dari sini kita verifikasi kelengkapan dokumennya. Satu hari juga sudah bisa dicairkan. Sebenarnya kita fungsi kontrol saja," tukas Nandy.

Ia mengatakan, sesuai aturan mekanisme pencairan bantuan keuangan dilakukan secara bertahap, yakni tahap pertama 20 persen dari total bankeu, seterusnya 30 persen, 30 persen, dan 20 persen.

“Begitu tahap pertama sudah cair, setelah pelaksanaan langsung bikin laporan pertanggungjawabannya. Sehingga 30 persen bisa cair lagi di bulan yang sama,” ungkapnya.

Diketahui, pada APBD 2018 Pemprov Banten mengalokasikan dana Rp 458,3 miliar untuk bankeu kabupaten/kota. Rinciannya, Kabupaten Pandeglang senilai Rp 65 miliar, Kabupaten Tangerang Rp 70 miliar, Kabupaten Serang Rp 90 miliar, Tangerang Selatan Rp 65 miliar dan Kabupaten Lebak Rp 78,3 miliar. Sedangkan Kota Serang, Kota Tangerang dan Cilegon masing-masing mendapat Rp 30 miliar.

Reporter: K2
Sample Banner

Populer


Analisis Jabatan Tentukan Tukin Seluruh PNS Pemprov Banten
Pemprov Banten Segera Lelang Puluhan Kendaraan Dinas
2019, Simda BMD Terintegrasi Dengan SIMRAL
SKPD Diharapkan Melakukan Pelaksanaan Anggaran Dengan Tepat
Pemprov Banten Terapkan E-SP2D Online Berbasis Simral
Target Biaya Sekolah SMA/SMK Gratis, Pemprov Siapkan Bosda Rp 400 Miliar
Top