Delapan Calon Sekda Banten Jalani Tes Kesehatan

Rabu, 06 Feb 2019 | 10:28 WIB - Berita
Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten
dibaca normal 2 hari yang lalu

SERANG – Belasan dokter spesialis dari berbagai disiplin terlibat dalam tes kesehatan peserta lelang jabatan Sekda Banten di RSUD Banten, Senin (4/2/2019). Hasil pemeriksaan sendiri akan diumumkan pada pekan depan.

Kepala Badan Kepegawiaan Daerah (BKD) Provinsi Banten Komarudin mengatakan, kegiatan tes kesehatan delapan calon Sekda Banten berupa general chek up atau pemeriksaan secara menyeluruh. Belasan dokter spesialis pun dilibatkan untuk melakukan pemeriksaan.   

“Kalau tes kesehatan itu kan general chek up, mulai dari memeriksa seluruh organ. Jadi setiap dokter spesialis sesuai dengan bidangnya, jumlahnya banyak, baik dokter maupun paramedis. Dokternya belasan, semua yang memeriksa spesialis masing-masing,” ujarnya kepada awak media di Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Banten, KP3B, Kecamatan Curug, Kota Serang, Senin (4/2/2019).

Mantan Penjabat (Pj) Bupati Tangerang itu menuturkan, bagian tubuh yang diperiksa erat kaitannya dengan pelaksanaan tugas sebagai sekda. Dia mencontohkan, pemeriksaan meliputi organ mata, jantung dan juga persendian.

“(Pemeriksaaan kesehatan) ditambahkan lagi (tes) kesehatan jiwa. Kalau jiwa itu untuk mengetahui secara rohani dia sehat enggak,” katanya.

Peserta yang lolos tes kesehatan, kata dia, berhak mengikuti tes wawancara. Meski demikian, pihaknya belum bisa memastikan kapan tes itu akan dilaksanakan. “Pada saat wawancara Pak Gubernur rencananya ikut mewancarai. Memang berhak gubernur untuk mewawancarai,” tuturnya.

Anggota Pansel Calon Pejabat Pimpinan Tinggi Madya Sekda Banten Hamdan membenarkan, akan ada wawancara setelah tes kesehatan. Meski demikian pansel sendiri belum menentukan kapan wawancara akan dilakukan. Dia hanya bisa memastikan bahwa proses seleksi ditargetkan selesai pada pertengahan bulan ini.

“Tes wawancara tanggalnya belum ditentukan. Tugas pansel sampai dengan tiga besar. Pertengahan Februari pansel sudah menghasilkan tiga besar,” ujar Rektor Universitas Serang Raya ini.

Sepetri diketahui, Pansel Calon Pejabat Pimpinan Tinggi Madya Sekda Banten merilis delapan nama peserta yang lolos tes assessment. Keputusan itu dituangkan dalam surat pengumuman nomor 020-PANSEL.JPTM/2019.

Lima dari delapan peserta yang diumumkan berasal dari Pemprov Banten. Mereka adalah Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Al Hamidi dan Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfotiksan) Komari.

Selanjutnya ada Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) M Husni Hasan. Sekretaris KPU Banten Septo Kalnadi. Satu nama lagi adalah Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (DESDM) Eko Palmadi.

Tiga peserta lainnya berasal dari eksternal Pemprov Banten. Mereka adalah Widyaiswara Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Al Muktabar.

Kemudian ada profesor riset dari Lembaga Ilmu Pendidikan Indonesia (LIPI) Lili Romli serta Kepala Disnaker Kota Tangerang Mohamad Rakhmansyah.

Reporter: K4
Sample Banner

Populer


Honorer Pemprov Banten Dapat THR
Analisis Jabatan Tentukan Tukin Seluruh PNS Pemprov Banten
2019, Simda BMD Terintegrasi Dengan SIMRAL
Pemprov Banten Segera Lelang Puluhan Kendaraan Dinas
Pemprov Banten Terapkan E-SP2D Online Berbasis Simral
Tukin Tarif Baru Mulai Diberlakukan
Top