DPRD Restui Penyertaan Modal Bank Banten Rp175 Miliar

Jumat, 01 Nov 2019 | 08:18 WIB - Berita
Bank Banten.
dibaca normal 16 jam yang lalu

SERANG – PT Bank Pembanguann Daerah Banten atau Bank Banten pada APBD bakal kembali mendapat alokasi penyertaan modal pada 2020 mendatang. Adapun besarannya mencapai Rp175 miliar.

Wakil Ketua Komisi III DPRD Banten, Ade Hidayat menuturkan, usulan penyertaan modal Bank Banten setelah ditelaah ternyata telah masuk pada kebijakan umum anggaran (KUA) 2020. Kemudian dengan adanya amanat peraturan daerah (perda) nomor 5 tahun 2013, DPRD menyambut baik usulan penambahan modal tersebut.

“Di KUA-nya ada untuk BUMD sektor perbankan, memang tak disebut untuk Bank Banten, tapi kalau bicara sektor perbankan ya Bank Banten,” ujarnya, Kamis (31/10/2019).

Politikus Gerindra itu menjelaskan, pertimbangan lain usulan penyertaam modal Bank Banten adalah upaya penyehatan bank plat merah tersebut adalah tanggung jawab bersama. Akan ada resiko besar jika Bank Banten sampai bangkrut dan tentunya akan sangat merugikan.

Upaya penyehatan terhadap Bank Banten merupakan tanggungjawab bersama. Sebab, jika bank plat merah tersebut sampai kolaps, maka pemprov terancam sanksi tak bisa membuka lagi bank serupa, serta tak bisa bermain di pasar modal.

Secara umum, kata dia, Bank Banten sudah menujukan kinerja yang baik dalam menjalankan bisnisnya. Adapun laporan yang menunjukan terus merugi disebabkan saat proses akui sisi Bank Pundi yang saat itu perbankan tersebut sedang banyak masalah.

“Kalau sampai dengan kolaps ancaman OJK (Otoritas Jasa Keuangan) Banten tidak bisa lagi bermain di pasar modal. Saham di BJB (Bank Jabar Banten) bisa ditarik, di Jamkrida (Jaminan Kredit Daerah) ditarik, kas daerah tidak aman di Bank Banten," katanya.

Kepala Biro Administrasi Pembangunan Provinsi Banten Mahdani mengatakan, penyertaan modal Bank Banten untuk saat ini masih menjadi perhatian pemprov. Meski demikian, alokasi penyertaan modal tidak bisa diserap begitu saja. Sebab, dana segar itu akan dijadikan stimulus untuk memerlancar kerja sama penyertaan modal bersama pihak ketiga. Saat ini, pemprov sedang intens berkomunikasi dengan Bank Mega.

“Saat ini yang memang lagi intens kan Bank Mega, walaupun calon-calon yang lain ada. Sekarang masih dibahas, sedang dimatangkan,” ungkapnya.

Reporter: K4
Sample Banner

Populer


Honorer Pemprov Banten Dapat THR
Analisis Jabatan Tentukan Tukin Seluruh PNS Pemprov Banten
2019, Simda BMD Terintegrasi Dengan SIMRAL
Tukin Tarif Baru Mulai Diberlakukan
Pemprov Banten Segera Lelang Puluhan Kendaraan Dinas
Pemprov Banten Terapkan E-SP2D Online Berbasis Simral
Top