Gubernur Se-Indonesia Minta Naik Gaji, WH Merasa Sudah Cukup

Kamis, 28 Feb 2019 | 11:41 WIB - Berita
Gubernur Banten Wahidin Halim di Pendopo Gubernur Banten, KP3B, Kecamatan Curug, Kota Serang, Rabu (27/2/2019).
dibaca normal 3 hari yang lalu

SERANG – Gubernur Banten Wahidin Halim angkat bicara terkait permintaan kenaikan gaji gubernur dalam rapat koordinasi nasional Asosiasi Pemerintahan Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) di Padang, Sumatera Barat, pekan lalu. Menurutnya, gajinya saat ini sebagai orang nomor satu di Banten sudah lebih dari cukup.

“Saya pengurus Asosiasi Pemerintah Provinsi, itu (usulan kenaikan gaji-red) spontan saja saya kira. Kita sudah siap dengan berapa pun gaji. Tapi sebagai bentuk organisasi mungkin lihat (aspirasi) teman-teman (gubernur),” ujar pria yang akrab disapa WH di Pendopo Gubernur Banten, KP3B, Kecamatan Curug, Kota Serang, Rabu (27/2/2019).

Menurut mantan Walikota Tangerang dua periode itu, usulan kenaikan gaji yang diusulkan cukup dimakluminya. Diungkapnnya, gaji kepala daerah di luar Pulau Jawa terhitung kecil. Gaji mereka sanagt tergantung dari pendapatan daerah.  

“Memang kalau di luar Jawa itu ya sangat kecil. Jadi bupati, gubernur itu (gajinya) diambil 0,15 (persen) dari pendapatan daerahnnya. Bukan APBD, APBD boleh Rp 2 triliun tapi pendapatan daerah bisa hanya sekitar Rp 150 miliar. Kalau per bulan itu jatuhnya hanya Rp 20 juta. Calon gubernur atau bupati harus lihat itu. Bahwa gajinya sedikit,” katanya.

Disinggung soal perbandingan dengan gaji seorang Gubernur Banten dan besaranya, WH enggan memaparkannya. Yang bisa dia pastikan adalah jika gajinya sebagai gubernur sudah lebih dari cukup.  “Lumayan lah saya, (nilainya) itu rahasia. Lumayan buat saya yang pensiunan, anak sudah gede, lebih dari cukup lah,” ungkapnya.

Meski demikian, dia tidak tak mempermasalahkan adanya usulan dari asosiasi soal kenaikan gaji. Akan tetapi WH menegaskan dirinya secara pribadi tak meminta kenaikan gaji. “Enggak, saya enggak minta, saya ikuti saja teman-teman. Kalau di luar Jawa kecil makannya cenderung banyak itu (minta kenaikan gaji-red),” tuturnya.

Seperti diketahui, Ketua Umum APPSI Longki Djanggola curhat soal gaji gubernur. Mewakili gubernur se-Indonesia, ia meminta pemerintah menaikkan gaji gubernur karena kalah jauh dibanding gaji anggota DPRD.

"Salah satu materi bahasan kami di APPSI adalah perlunya kenaikan gaji untuk gubernur. Saya dan provinsi dengan APBD yang tidak terlalu besar, gaji anggota DPRD-nya bisa mencapai Rp 70 juta. Itu masih ditambah dengan berbagai tunjangan," ungkap Gubernur Sulawesi Tengah ini.

Longki curhat masalah gaji para gubernur di hadapan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Longki berharap curhatnya langsung didengarkan pemerintah pusat.

Reporter: K4
Sample Banner

Populer


Honorer Pemprov Banten Dapat THR
Analisis Jabatan Tentukan Tukin Seluruh PNS Pemprov Banten
2019, Simda BMD Terintegrasi Dengan SIMRAL
Pemprov Banten Segera Lelang Puluhan Kendaraan Dinas
Pemprov Banten Terapkan E-SP2D Online Berbasis Simral
Tukin Tarif Baru Mulai Diberlakukan
Top