Masa Tenang Pemilu 2019, Warga Diminta Jaga Kondusivitas

Sabtu, 13 Apr 2019 | 10:50 WIB - Berita
Gubernur Banten Wahidin Halim
dibaca normal 2 hari yang lalu

SERANG – Gubernur Banten Wahidin Halim meminta masyarakat Banten bisa menjaga kondusivitas selama masa tenang jelang Pemilu 2019 pada 14-16 April. Masyarakat diimbau untuk saling menghargai sehingga pelaksanaan pemilu bisa tertib dan aman.

“Saya berharap masyarakat Banten mampu menciptakan suasana kondusif sehingga pemilu bisa berjalan lancar. Apabila ada perbedaan pendapat dan sebagainya, saya pikir itu suasana dalam rangka kebhinekaan, keberagaman tapi tetap dalam koridor persatuan,” ujarnya, Jumat (12/4).

Mantan Camat Tigaraksa, Kabupaten Tangerang itu menuturkan, pada dasarnya berbeda pilihan telah dijamin dalam demokrasi. Meski demikian mereka juga harus bisa menerima dengan lapang dada hasil dari proses demokrasi itu sendiri.

“Perbedaan pilihan merupakan hak dari masing-masing karena demokrasi juga tidak melarang orang untuk menentukan pilihan. Ketika pilihan kita menang atau kalah, kita harus sportif menerima kemenangan juga kekalahan,” katanya.

Pria yang gemar memakai topi bundar itu meyakini, pelaksanaan pemilu di Banten bisa berjalan dengan aman. Sebab, berdasarkan pengalaman pemilu sebelum-sebelumnya Banten selalu mampu menciptakan suasana kondusif.

“Saya yakin, rakyat Banten itu sudah beberapa kali pemilihan baik pilkada, pilgub dan pemilu sebelumnya selalu kondusif. Ini menandakan bahwa kesadaran berdemokrasi dan rasionalitas masyarakat Banten. Saya meyakini akan tercipta suasana kehidupan yang aman, tentram dan damai,” ungkapnya.

Harapan suasana kondusif, kata dia, juga agar Pemprov Banten bisa fokus menjalankan program-program yang telah dicanangkannya.  

“Fokus untuk melaksanakan pembangunan Banten supaya terjadi perubahan. Selama ini kita sudah melakukan upaya maskimal tapi kita tetap akan melanjutkan pembangunan sesuai dengan harapan masyarakat,” tuturnya.

Komisioner KPU Provinsi Banten Eka Satyalaksmana mengatakan, masa tenang Pemilu 2019 berlangsung pada 14-16 April. Dalam periode tersebut dilarang melakukan aktivitas kampanye dalam bentuk apapun. “Harus steril dari kegiatan kampanye dan kita sudah menyosialisasikannya ke seluruh peserta pemilu,” ujarnya.

Reporter: K4
Sample Banner

Populer


Honorer Pemprov Banten Dapat THR
Analisis Jabatan Tentukan Tukin Seluruh PNS Pemprov Banten
2019, Simda BMD Terintegrasi Dengan SIMRAL
Pemprov Banten Segera Lelang Puluhan Kendaraan Dinas
Pemprov Banten Terapkan E-SP2D Online Berbasis Simral
Tukin Tarif Baru Mulai Diberlakukan
Top