Pemprov Banten Kirim Tim Penjemput ke Papua

Selasa, 01 Okt 2019 | 08:18 WIB - Berita
Gubernur Banten Wahidin Halim.
dibaca normal 3 jam yang lalu

SERANG – Pemprov Banten membentuk tim penjemput warga Banten yang berada di Papua dan akan diberangkatkan dalam waktu dekat ini. Penjemputan dimaksudkan untuk memastikan keselamatan warga Banten atas kondisi di Papua yang saat ini kurang kondusif.

Gubernur Banten Wahidin Halim mengatakan, dengan adanya laporan warga Banten yang terjebak di Papua, pemprov langsung menindaklanjutinya dengan membentuk tim penjemputan.

“Saya tugaskan Inspektur (yang bersangkutan juga menjabat pelaksana tugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah Banten-red) dan (Badan) Kesbangpol (Kesatuan Bangsa dan Politik) untuk menjemput nanti,” ujarnya di Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Banten, KP3B, Kecamatan Curug, Kota Serang, Selasa (1/10).

Mantan Wakil Ketua Komisi II DPR RI itu menuturkan, pemprov akan menanggung seluruh biaya penjemputan yang memang menjadi kendala warganya tak bisa pulang ke Banten. Menurutnya, penjemputan memang mesti dilakukan sebagai bentuk pembelaan pemprov kepada rakyatnya.

“Dibiayai dari kita, (dibiayai dari anggaran) bantuan sosial. Saya akan bela rakyat saya, akan saya biayai untuk jemput. (Laporan sementara untuk warga yang terjebak di Papua) 16 orang,” katanya.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala BPBD Provinsi Banten E Kusmayadi mengatakan, pihaknya telah menerima instruksi dari gubernur dan kini sedang melakukan persiapan untuk pemberangkatan tim. “Dipersiapkan dulu, nanti melibatan yang lain juga. (Pemberangkatan) ya di minggu-minggu ini atau secepatnya,” ungkapnya.

Saat tim sudah tiba di tanah Papua, mereka akan mengecek langsung kondisi warga Banten yang ada di sana. Jika memang kondisi keamanan tak memungkinkan, pemprov akan mengamankan dan memulangkan warganya agar tak menjadi korban. Agar tidak ada warga Banten yang tertinggal maka pihaknya juga akan berkoordinasi dengan pemerintah setempat.

“Pertama untuk mengecek secara langsung tentang keberadaan warga Banten dan tentu akan dilakukan langkah-langkah apakah kondisi di sana dimungkinkan aman atau harus dipulangkan. Kalau memang harus  dipulangkan kita akan akomodasi, akan kita usahakan sesuai arahan gubernur tadi,” tuturnya. (K4)

Reporter: K4
Sample Banner

Populer


Honorer Pemprov Banten Dapat THR
Analisis Jabatan Tentukan Tukin Seluruh PNS Pemprov Banten
2019, Simda BMD Terintegrasi Dengan SIMRAL
Pemprov Banten Segera Lelang Puluhan Kendaraan Dinas
Pemprov Banten Terapkan E-SP2D Online Berbasis Simral
Tukin Tarif Baru Mulai Diberlakukan
Top