Pemprov Kembali Membagi Distribusi Bankeu Jadi 4 Tahap

Jumat, 08 Mar 2019 | 09:33 WIB - Berita
Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten
dibaca normal 4 hari yang lalu

SERANG – Pemprov Banten berencana akan kembali memberlakukan pedistribusian bantuan keuangan (bankeu) pada kabupaten/kota untuk tahun anggaran 2019 sebanyak empat tahap. Peruntukkan bankeu pun dibatasi hanya untuk urusan pendidikan, kesehatan dan infrastruktur.

Kepala Biro Administrasi Pembangunan Setda Provinsi Banten Mahdani mengatakan, untuk pendistribusian bankeu pemprov memerlukan sebuah peraturan gubernur (pergub) yang kini sedang disusun. Secara umum, pihaknya akan kembali memberlakukan pengiriman bankeu secara bertahap. “Empat tahap, (pembagiannya) 20 (persen), 30, 30, 20. Jadi kecil di awal dan kecil juga di akhir,” ujarnya, kemarin.

Ia menjelaskan, aturan lainnya yang masih berlaku adalah dasar pencairan adalah laporan dari realisasi tahapan sebelumnya. Jika kabupaten/kota yang melakukannya, maka pemprov tak akan memberikan dana segar itu untuk tahap selanjutnya.

“Insya Allah tahun kemarin bisa tertarik semua. Tetapi kalau sekali enggak ke tarik ya sudah, enggak tertarik lagi tuh (untuk tahap selanjutnya). (Minimal laporannya) 70 persen dari SPJ (surat pertanggungjawaban) dari yang sebelumnya,” katanya.

Mahdani menegaskan, bankeu hanya diperuntukkan untuk pembiayaan kegiatan tiga urusan prioritas yaitu pendidikan, kesehatan dan infrastruktur. Selain dari itu, pemprov tidak akan menyetujuinya."Makannya Bappeda memferivikasi bersama kami juga timnya," ungkapnya.

Kepala Bappeda Provinsi Banten Muhtarom mengatakan, pihaknya telah menerima dan memverifikasi usulan pencairan bankeu dari delapan kabupaten/kota. “Sudah kita verifikasi. Pencairan secepatnya, Maret lah,” ujarnya

Seperti diketahui, Pemprov Banten pada PBD 2019 mengalokasikan Rp 265 miliar untuk bankeu delapan kabupaten/kota. Rinciannya, Kabupaten Serang Rp 60 miliar, Kabupaten Lebak Rp 55 miliar dan Kabupaten Pandeglang 50 miliar. Sementara untuk kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kota Serang dan Kota Cilegon dibagi rata, masing-maisng Rp 40 miliar

Reporter: K4
Sample Banner

Populer


Analisis Jabatan Tentukan Tukin Seluruh PNS Pemprov Banten
2019, Simda BMD Terintegrasi Dengan SIMRAL
Pemprov Banten Segera Lelang Puluhan Kendaraan Dinas
Pemprov Banten Terapkan E-SP2D Online Berbasis Simral
SKPD Diharapkan Melakukan Pelaksanaan Anggaran Dengan Tepat
Target Biaya Sekolah SMA/SMK Gratis, Pemprov Siapkan Bosda Rp 400 Miliar
Top