Penerima BBNKB dari Banten Automotive Exhibition Diproyeksi Capai Rp50 Miliar

Jumat, 18 Okt 2019 | 10:15 WIB - Berita
Bapenda Provinsi Banten Opar Sohari saat menghadiri Banten Automotive Exhibition.
dibaca normal 17 jam yang lalu

SERANG – Pemprov Banten menargetkan pemasukan dari Banten Automotive Exhibition yang digelar di Mall Of Serang pada 18-27 Oktober mencapai Rp 50 miliar. Besaran itu bersumber dari bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB) berdasarkan surat pemesanan kendaraan (SPK) dalam pameran tersebut.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Banten Opar Sohari mengatakan, digelarnya Banten Automotive Exhibition merupakan respon dari Pemprov Banten terhadap melemahnya daya beli masyarakat terhadap kenderaan bermotor. Hal itu tak lepas dari memanasnya suhu politik pada Pemilu 2019 lalu.

“Kalau kemarin dalam tahun politik semua provinsi ini mengalami penurunan dalam hal pembelian kendaraan. Kalau ekarang sudah jelas (hasil pemilu sudah keluar-red), makannya sekarang kita genjot. Kegiatan untuk merangsang kembali daya beli masyarakat,” ujarnya di sela-sela pembukaan Banten Automotive Exhibition, Jumat (18/10/2019).

Ia menuturkan, dari pameran tersebut pihaknya menargetkan akan ada 5.000 pembelian kenderaan bermotor. Dari pembelian tersebut jelas akan memberikan dampak positif bagi pendapatan daerah Pemprov Banten. Sebab, dalam setiap SPK terdapat proses balik nama yang pajaknya masuk ke kas daerah.

“Ya namanya target ya, 5.000 SPK. Kalau SPK itu biaya balik nama. Kalau biasanya hanya 1.000 sampai 2.000, ini 5.000 saya katakan (targetkan-red). Nilainya kalau itu sekitar Rp 40 sampai Rp 50 miliar,” katanya.

Agar masyarakat semakin tertarik untuk bertransaksi, kata dia, pihaknya akan memberikan layanan optimal. Salah satunya adalah memermudah layaan administrasi pembayaran BBNKB hingga pajak kendaraan bermotor (PKB).  

“Layanan kita adalah memermudah untuk BBNKB jangan sampai lama-lama. Begitu pun untuk pelayanan PKB tahunan dipercepat,” ungkapnya.

Ketua Asosiasi Otomotif Banten Tubagus Samsul Maarif mengapresiasi diselengarakannya Banten Automotive Exhibition. Sebab, pihaknya telah secara langsung diikutsertakan dalam membangun Banten melalui pengembangan ekonomi.

Reporter: K4
Sample Banner

Populer


Honorer Pemprov Banten Dapat THR
Analisis Jabatan Tentukan Tukin Seluruh PNS Pemprov Banten
2019, Simda BMD Terintegrasi Dengan SIMRAL
Tukin Tarif Baru Mulai Diberlakukan
Pemprov Banten Segera Lelang Puluhan Kendaraan Dinas
Pemprov Banten Terapkan E-SP2D Online Berbasis Simral
Top