Penerimaan CASN Tunggu Kabinet Presiden

Senin, 07 Okt 2019 | 19:59 WIB - Berita
Ilustrasi.
dibaca normal 8 jam yang lalu

SERANG – Formasi calon aparatur sipil negara (CASN) Pemprov Banten dikabarkan bakal dikeluarkan setelah kabinet presiden dan wakil presiden periode 2019-2024, Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin terbentuk. Sementara untuk usulan formasi yang dilayangkan pemprov berjumlah 480 kursi.

Kepala Badan Kepegawiaan Daerah (BKD) Provinsi Banten Komarudin mengatakan, untuk saat ini pihaknya telah menerima jadwal tahapan penerimaan CASN. Meski demikian, tahapan itu masih bersifat tentatif. Kepastian pelaksanaan baru bisa diungkap pasca terbentuknya kabinet presiden dan wakil presiden periode baru.

“Memang sudah ada jadwal tapi itu tentatif, jadi info yang coba kita pastikan fix-nya menunggu kabinet baru,” ujarnya di Pendopo Gubernur Banten, KP3B, Kecamatan Curug, Kota Serang, Senin (7/10).

Ia menjelaskan, belum diumumkannya jadwal pembukaan CASN dikarena dikhawatirkan ada perubahan. Sebab, tak menutup kemungkinan adanya nomenklatur kementerian baru dalam susunan kabinet yang berdampak pada perubahan kebijakan.

“Dikeluarkan persetujuan resmi dari dari KemenpanRB (Kementerian Pendatagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi) belum. Khawatir nanti begitu informasi dikeluarkan kabinet ada yang digabung dan sebagainya,” katanya.   

Adapun formasi CASN yang diusulkan adalah sebanyak 480 kursi yang 70 persennya adalah untuk pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Sebagian besar formasi yang diusulkan diperuntukan bagi tenaga pendidik dan kesehatan. “PPPK itu kan termasuk ASN juga,” ungkapnya.

Seperti diketahui, Jokowi-Amin dijadwalkan akan dilantik pada 20 Oktober mendatang oleh MPR RI di Gedung MPR RI, Senayan, Jakarta.

Kepala Sub Bidang Perencanaan, Pengadaan dan Pengangkatan pada BKD Provinsi Banten Ade Nuryasin menuturkan, usulan formasi CASN dan PPPK telah disusun dan diserahkan sejak Agustus lalu. Dokumen tersebut diserahkan ke KemenpanRB.

"(Untuk pelaksanaan) menunggu informasi lebih lanjut dari Kementerian PAN (KemenpanRB-red). Kita dapat formasi atau tidak. Bisa jadi itu berubah, nanti bertambah atau berkurang. Kalau dapat kuota nanti kan ada jadwal (seleksi) juga dari pusat," tuturnya. (K4)

Reporter: K4
Sample Banner

Populer


Honorer Pemprov Banten Dapat THR
Analisis Jabatan Tentukan Tukin Seluruh PNS Pemprov Banten
2019, Simda BMD Terintegrasi Dengan SIMRAL
Pemprov Banten Segera Lelang Puluhan Kendaraan Dinas
Pemprov Banten Terapkan E-SP2D Online Berbasis Simral
Tukin Tarif Baru Mulai Diberlakukan
Top