Per Akhir November, Serapan Fisik Capai 84 Persen

Senin, 03 Des 2018 | 17:19 WIB - Berita
dibaca normal 8 jam yang lalu

SERANG – Serapan fisik tahun anggaran 2018 hingga akhir November telah mencapai 84 persen. Sedangkan untuk serapan anggaran keuangan berapa pada angka 74 persen dari total alokasi Rp 1,03 triliun.

Kepala Biro Administrasi Pemerintahan Setda Provinsi Banten Mahdani mengatakan, secara keseluruhan serapan fisik dan keuangan sudah menunjukan progres yang baik. “Serapan (total) 74 untuk keuangan dan fisiknya 84 persen,” ujarnyausai menghadiri rapat pimpinan di Aula Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Banten, KP3B, Kota Serang, Senin (3/12/2018).

Ia menjelaskan, besaran serapan yang berada di prosentase tersebut terjadi karena belum optimalnya serapan di beberapa OPD. Mereka berkontribusi terhadap capaian total karena serapannya masih di bawah 80 persen.

“Seperti di (Dinas) Kesehatan karena memang sekarang gabungan dengan rumah sakit, kerjaan rumah sakit belum clear. Kemudian di DPRKP masih di bawah 80 persen. DPUPR itu 20 paket yang bergeser selesai di Desember,” katanya.

Mahdani optimistis, capaian serapan secepatnya akan bertambah. Saat ini pihaknya sedang memproses usulan pencairan kepada pelaksanaan proyek yang lambat mengajakukan syarat admisnistrasi dengan nilai sebesar Rp 500 miliar.

“Kalau dari sisi pekerjaan enggak ada masalah. Insya Allah di akhir Desember nanti realisasi (seapan) bisa 90 persen, itu sudah masuk bagus. Sekarang rata-rata sudah di 80 persen karena yang kita laporkan yang sudah pertanggungjawaban, bukan yang ambil duitnya,” ungkapnya.

Gubernur Banten Wahidin Halim mengatakan, capaian serapan fisik yang mencapai 84 persen adalah raihan yang baik. Sebab, pembayaran pelaksanaan proyek fisik sebagian besar baru akan dilakukan pada Desember ini.

“Sudah bagus sudah 84 persen. Sudah standar, fisik rata-rata 70 persen, sudah bagus karena kan pembayarannya sampai Desember, tanggal 25, sesuai kontrak,” tutur mantan Walikota Tangerang dua periode ini

Reporter: K4
Sample Banner

Populer


Honorer Pemprov Banten Dapat THR
Analisis Jabatan Tentukan Tukin Seluruh PNS Pemprov Banten
2019, Simda BMD Terintegrasi Dengan SIMRAL
Pemprov Banten Segera Lelang Puluhan Kendaraan Dinas
Pemprov Banten Terapkan E-SP2D Online Berbasis Simral
Tukin Tarif Baru Mulai Diberlakukan
Top