Wakil Gubernur Banten Minta OPD Fokus Selesaikan Program

Senin, 04 Nov 2019 | 18:18 WIB - Berita
Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy
dibaca normal 4 jam yang lalu

SERANG – Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy meminta seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemprov Banten mulai fokus pada realisasi program. Sebab, hal itu akan berimplikasi pada serapan keuangan maupun fisik tahun anggaran 2019.

“Tadi diinventarisasi di rapim (rapat pimpinan), kita menginventarisasi baik serapan anggaran dan juga hasil fisik. Rata-rata semua sudah cukup baik, tinggal ada sisa 40 hari lagi untuk dimaksimalkan,” di Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Banten, KP3B, Kecamatan Curug, Kota Serang, Senin (4/11).

Mantan anggota DPR RI itu menuturkan, pihaknya belum bisa memprediksi berapa serapan keuangan maupun fisik tahun anggaran 2019. Pemprov hanya ingin fokus pada penuntasan program-program yang telah dicanangkan.  

“Kita tidak bisa mengira-kira nanti seperti apa tapi di sisa 40 hari ini. Mereka (OPD-red) harus bekerja keras mencapai realisaai fisiknya, kan harus dimbangi denga realisasi anggarannya,” katanya.  

Ia tak menampik, ada sejumlah program yang diprediksi tak selesai dari perkiraan awal. Ada kemungkinan program tersebut akan diberikan perpanjangan waktu pengerjaan andai dalam perhitungan bisa diselesaikan pada tahun ini.

“Diadendum atau diperpanjang kontraknya sehingga bisa terselesaikan. Tapi yang pasti tadi saya dengan Pak Gubernur mengawal agar semua proses bisa selesai dan rampung di 31 Desember, kan batas akhirnya di situ,” ungkapnya.  

Andika menegaskan, ke depan OPD untuk selalu memberikan sosialisasi jika ada program yang berhubungan langsung kepada masyarakat. Hal itu perlu dilakukan untuk mengantisipasi beredarnya informasi tak utuh kepada masyarakat atau penolakan.

“Makannya ditekankan apapun yang akan dilakukan itu yang berhubungan dengan masyarakat harus disosialisasikam terlebih dahulu. Supaya tidak terjadi seperti itu (penolakan-red),” tututnya.

Kepala Biro Administrasi Pembangunan Setda Provinsi Banten Mahdani mengatakan, secara umum baik serapan keuangan maupun fisik sudah cukup baik. OPD mampu menunjukan progras yang tak mengecewakan. “Serapan keuangan saat ini 63 persen, fisik 75 persen,” tuturnya.

Reporter: K4
Sample Banner

Populer


Honorer Pemprov Banten Dapat THR
Analisis Jabatan Tentukan Tukin Seluruh PNS Pemprov Banten
2019, Simda BMD Terintegrasi Dengan SIMRAL
Tukin Tarif Baru Mulai Diberlakukan
Pemprov Banten Segera Lelang Puluhan Kendaraan Dinas
Pemprov Banten Terapkan E-SP2D Online Berbasis Simral
Top