Pusat Minta Tenor Pinjaman Daerah Dipercepat, Gubernur Banten Akan Konsultasi ke DPRD

Pusat Minta Tenor Pinjaman Daerah Dipercepat, Gubernur Banten Akan Konsultasi ke DPRD
Gubernur Banten Wahidin Halim

SERANG - Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) bakal berkonsultasi dengan DPRD Provinsi Banten terkait rencana pinjaman daerah ke PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) senilai Rp4,1 triliun pada tahun ini. Gubernur akan mendiskusikan terkait arahan pemerintah pusat yang meminta tenor pinjaman diperpendek dari 8 menjadi 5 tahun.

Dikatakan Gubenur, tenor yang dipercepat dari usulan awal tentunya akan membuat beban pengembalian menjadi lebih berat. Terlebih, arahan untuk memperpendek tenor tak disertai dengan penghapusan bunga pinjaman.

"Dengan diperpendeknya waktu (pinjaman) dari 8 ke 5 tahun, bunganya tetap harus bayar ya menjadi pertimbangan kita. Pinjam tapi nanti menjadi tanggungan ke depan agak repot," ujarnya di Pendopo Gubernur Banten, KP3B, Kecamatan Curug, Kota Serang, Senin (21/6/2021).

Gubernur mengungkapkan, dengan kondisi pinjaman daerah ke PT SMI yang belum diambil keputusan maka pihaknya telah menerima sebuah surat dari Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Banten. Dalam surat itu, ia diminta untuk mengeluarkan instruksi kepadaorganisasi perangkat daerah (OPD) yang memiliki program yang dibiayai dari pinjaman PT SMI.  

"Pilihannya kita menggunakan dana APBD yang ada dengan membangun proyek yang sudah kita anggarkan melalui dana APBD. Sementara pembangunan yang bersumber dari dana pinjaman SMI ya pending, ditunda atau mungkin ditiadakan nanti," katanya. 

Gubernur menegaskan, sebelum mengambil keputusan pihaknya akan terlebih dahulu berkonsultasi dengan DPRD Provinsi Banten dan juga pemerintah pusat. Ia masih ingin memerjuangkan agar tenor pinjaman bisa sesuai dengan kesepakatan awal.

"Apakah mungkin bisa disesuaikam dengan kesepakatan awal 8 tahun. Duitnya ada atau enggak, kalau enggak ada enggak bisa dipaksakan," ungkapnya.

Kepala BPKAD Provinsi Banten Rina Dewiyanti mengungkapkan, hingga saat ini Pemprov Banten belum mengambil kepastian terkait rencana pinjaman ke PT SMI. "Masih dibahas," ujarnya. (K4)